PRESTISIUS: Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andrian (tengah) bersama juara satu lomba PBB dari MI Islamiyah Rogojampi, di GOR Tawangalun, kemarin (26/2).(DEDY JUMHARDIYANTO/RABA)
BANYUWANGI – Satuan lalu lintas Polres Banyuwangi meng­gelar lomba peraturan baris ber­baris (PBB) dan 12 gerakan lalu lintas tingkat sekolah dasar (SD) se-Banyuwangi, kemarin (26/2).
Acara yang dipusatkan di ge­langgang olahraga (GOR) Tawang Alun Banyuwangi itu dibuka langsung oleh Kapolres Banyu­wangi AKBP Donny Aditya­war­man dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Sulih­ti­yono.
Dalam sambutan pembu­ka­annya, Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman mengatakan, lomba PBB meru­pakan salah satu wujud pemben­tukan karakter generasi muda Indonesia dan juga mengem­bangkan cinta tanah air, serta mem­pertebal semangat kebang­saan persatuan dan kesatuan. ”Karakter kedisiplinan, kekom­pakan, patriotisme juga bisa dibentuk dari lomba ini,” ujarnya.
Sementara itu, Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Ris Andrian Yudo Nugroho menga­takan, kegiatan kali pertama itu diikuti oleh 25 regu dan setiap regu berjumlah 19 orang. Dalam lomba itu ada sejumlah unsur yang dinilai yakni mulai gerakan dasar di tempat, gerakan ber­jalan, gerakan perubahan arah (bukan aba-aba), kerapian, dan pemimpin barisan.
”Kami juga memberikan peng­hargaan kepada komandan pe­leton (danton) terbaik, peng­hor­matan terbaik, yel-yel terbaik, gerakan dasar terbaik, gerakan va­riasi terbaik, seragam terbaik, dan kekompakan terbaik,” jelas­nya.
Hasil dari pelaksanaan lomba tersebut, MI Islamiyah Rogojam­pi menjadi juara dalam lomba ter­sebut. ”Kami tentu bangga atas prestasi yang diraih ini. Kami sudah mempersiapkan acara ini jauh hari sebelumnya,” ungkap Kepala MI Islamiyah Rogojampi Nurkhoiri.
Dia juga mendukung dan sa­ngat mengapresiasi Satlantas Polres Banyuwangi yang menga­dakan lomba polisi cilik dalam hal PBB dan 12 gerakan lalu lintas tersebut. Dengan demikian, anak-anak akan lebih termotivasi dan disiplin dalam berlalu lintas karena telah mengenal gerakan lalu lintas dan PBB sejak dini. ”Kalau bisa lomba semacam ini dilaksanakan setiap tahun,” terangnya. (*)
(bw/ddy/rbs/JPR)
Sumber: radarbanyuwangi.jawapos.com